Gambaran Umum Sekolah Visi dan Misi Sekolah Sejarah Singkat Sarana dan Prasarana SDM SSN Bilingual Class Berita Sekolah Download Buku Tamu
PRESTASI TERKINI : JUARA I PADUAN SUARA TK DKI, MEDALI EMAS SEAMO DAN MEDALI EMAS AMO

Instagram

SD BHAKTI YKKP SIAP KURIKULUM 2013

Oleh: santra - 2014-02-17 12:02:25

SD BHAKTI YKKP SIAP MENERAPKAN KURIKULUM 2013 UNTUK
KELAS 1,2,4 DAN 5 PADA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sebagai salah satu Sekolah Standar Nasional, SD Bhaki YKKP berkewajiban dan berusaha terdepan mengikuti perkembangan kurikulum yang diterapkan pemerintah. Pada Tahun Pelajaran 2014/2015 SD Bhakti YKKP sudah menerapkan kurikulum 2013 untuk kelas 1,2,4 dan 5 dengan penambahan di beberapa bidang dan memungkinkan dilakukan karena SD Bhakti YKKP merupakan sekolah swasta. Penambahan tersebut yaitu mata pelajaran Bahasa Inggris tetap ada ( pada Kurikulum 2013 pelajaran Bahasa Inggris ditiadakan ) bahkan ditambah menjadi 4 jam pelajaran. Dua jam diantaranya diisi English for native speaker bekerja sama dengan ELC.
Persiapan penerapan Kurikulum 2013 sudah kami lakukan sejak tahun 2013 dengan mengirim guru dalam pelatihan kurikulum 2013. Dari infrastruktur pendukung seperti penambahan fasilitas proyektor dan komputer di seluruh ruang kelas juga sudah kami lakukan. Dengan kata lain kami telah siap menerapkan kurikulum 2013 baik SDM maupun infrastrukturnya.
Ada hal yang menarik dalam kurikulum 2013. Metode penyajian / pembelajaran tidak lagi parsial per mata pelajaran tetapi berfikir holistik dimana seluruh mata pelajaran terintegrasi dan saling terkait. Sebagai contoh : Siswa menceritakan perjalanannya berangkat dari rumah menuju sekolah. Dalam ceritanya tersebut sudah mencakup materi pelajaran Agama ( doa dalam perjalanan) Matematika ( pengukuran ) IPA ( energi ) IPS ( peta sederhana ) Bahasa Indonesia ( Tata bahasa dalam pengungkapkan cerita). PLBJ ( Kondisi lingkungan yang ditemui dalam perjalanan)
Hal menarik lainnya yaitu siswa tidak lagi dibebani dengan membeli buku pelajaran karena buku pelajaran sudah disiapkan oleh pemerintah, disamping itu siswa tidak perlu lagi membawa banyak buku pelajaran.